Selasa, 03 Februari 2009

MU Bantai West Brom, Van Der Sar Cetak Rekor

Oleh Aditya Ramadhan

Edwin van der Sar (foto) mencetak rekor baru di Liga Primer Inggris; dengan tidak kebobolan selama 1.025 menit, ketika Manchester United (MU) membantai tuan rumah West Bromwich Albion lima gol tanpa balas.

Penjaga gawang berusia 38 tahun itu melampaui rekor Petr Cech, dengan 925 menit tanpa kebobolan, yang dibuat pada musim 2004/2005. MU juga mencetak rekor dengan tidak kebobolan dalam sebelas pertandingan berturutan.

Dimitar Berbatov membuka pesta gol Setan Merah menit ke-22. Menit ke-44, atau empat menit setelah West Brom kehilangan skipper Paul Robinson akibat kartu merah, Carlos Tevez menggandakan keunggulan MU.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-60, Nemanja Vidic memperbesar keunggulan MU. Setelah itu Cristiano Ronaldo memborong dua gol lainnya, menit ke-65 dan 73.

Kemenangan ini menjamin MU masih berada di papan atas sampai akhir pekan, serta menciptakan tekanan psikologis bagi Liverpool. The Reds bertandang ke kandang Wigan, Rabu (28/1).

Ryan Giggs bermain luar biasa dalam laga ini. Berbatov dan Michael Carrick cukup mengesankan, dan pergerakan Park Ji-sung memaksa Robinson harus menjatuhkannya secara kasar. Namun performa MU menjadi sempurna berkat kehadiran kembali Rio Ferdinand di lini belakang, setelah absen 11 laga akibat cedera punggung.

West Brom mungkin harus menunda mimpinya keluar dari dasar klasemen sampai pekan berikut. Mereka seolah tidak berdaya, meski bermain di depan pendukungnya, akibat kehilangan Jonathan Greening.

Tuan rumah sebenarnya mengawali laga dengan baik. Gianni Zuiverloorn memiliki peluang mencetak gol, ketika bola tembakannya dari jarak 20 yard susah payah ditinju Van der Sar dan dihalau Michael Carrick.

Bencana tuan rumah diawali blunder Scott Carson, yang membuat Berbatov dengan mudah menjebol gawangnya menit ke-22. Blunder itu diulangi menit ke-40, untuk memberi kesempatan Tevez menggandakan keunggulan.

Gary Neville sempat dilanggar di kotak penalti, tapi wasit Rob Styles tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Pemain MU sempat protes. Menit ke-33, Ronaldo memiliki peluang bersih mencetak gol. Ia gagal memanfaatkan umpan brilian Ryan Giggs.

Di babak kedua, pelatih Tony Mowbray membuat dua perubahan; menarik Zuiverloon dan Simpson, dan memasukkan James Morrison dan Roman Bednar, tapi semuanya sia-sia. Tidak ada yang bisa dilakukan keduanya di lapangan tengah, karena pemain MU relatif telah mendominasi selusuh sudut lapangan.

Nemanja Vidic leluasa naik ke atas membantu serangan, dan mencetak gol ketiga. Cristiano Ronaldo bebas berkreasi sesukanya, dan memborong dua gol.

Sedangkan West Brom hanya sesekali menyerang, dan memiliki beberapa peluang mencetak gol. Tembakan Ryan Donk, misalnya melayang tipis di ujung mistar Van der Sar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar